STMIK Bandung Bali Segera Launching Kampus Gianyar

Radar Bali – Masyarakat Bali Timur tidak perlu jauh-jauh mencari kampus teknologi informasi berkualitas. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bandung Bali segera hadir di Kabupaten Gianyar. Berlokasi di Gedung Emerald Informatika, Jalan By Pass Dharma Giri No. 99x, Gianyar, STMIK Bandung Bali menawarkan pilihan program studi S1 Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

Sedangkan program profesi yang ditawarkan Emerald Informatika mencakup Diploma Administrasi Rumah Sakit, Komputer Akuntansi, Desain Grafis dan Multimedia, Tenik Komputer, dan Manajemen Informatika. Program Profesi pada Emerald Informatika terakreditasi ISO 9001-2008 dan Program Studi pada STMIK Bandung Bali Terakreditasi BAN-PT dengan pilihan pilihan kelas reguler pagi dan reguler sore.

Untuk lebih dekat dengan masyarakat, Sabtu (27/3) STMIK Bandung Bali menggelar seminar bertajuk “Sinergi Kampus, Alumni, dan Industri dalam Menghadapi Tantangan Global bagi Masyarakat Gianyar dan Sekitarnya”. Seminar tersebut diawali dengan penandatangan kerja sama antara Ketua STMIK Bandung Bali, Ricak Agus Setiawan, ST, M.Si dan Ceo RAMERAME.CO.ID, I Gusti Bayu Susila, S.H. Ricak Agus Setiawan menyebut dalam rangka menghadapi tantangan global ke depan, pihaknya juga mendapat dukungan dari Ikatan Alumni (IKA) STMIK Bandung. Pada kesempatan yang sama, Ketua IKA, Komang Mardika menyampaikan orasi dukungan di depan para undangan.

“Kampus selama ini disebut terputus dengan industri. Tidak benar demikian. Kampus menyimpan potensi yang luar biasa dan industri membutuhkan resources atau sumber daya. Semoga terjalin hubungan baik antara kampus STMIK Bandung Bali dan industri,” ucap Ricak Agus Setiawan.

Tentang RAMERAME.CO.ID, I Gusti Bayu Susila mengatakan platform tersebut bersifat cuk-cukan atau usaha yang dimiliki banyak orang. RAMARAME.CO.ID hadir merespons biaya membangun bisnis yang relatif tinggi.

“Muncul ide buat platform digital di mana semua member atau anggota mengetahui transparansi usaha kami bangun. Laporan keuangan, laba-rugi, CCTV, dan sejenisnya bisa dilihat bersama. Hingga tahun 2020 kami mengelola 7 unit usaha dengan 3.174 member dan omset Rp 4,7 miliar. Kenapa menarik? Karena bisa urunan dana mulai dari 1 juta rupiah dan transparan. RAMERAME.CO.ID adalah platform pertama di Bali dalam hal bisnis bersama,” ungkapnya.

Pengurus Yayasan STMIK Bandung Bali, Dedek Arimbawa, S.H. mengatakan kampus utama STMIK Bandung Bali akan berpindah dari Denpasar dan dipusatkan di Gianyar. Fasilitas sarana prasarana penunjang sudah disiapkan. “Kami di yayasan berkolaborasi dengan STMIK Bandung Bali untuk masyarakat Bali Timur yang ingin kuliah dan mendalami jurusan IT. Luas kampus STMIK Bandung Bali di Gianyar ini hampir 50 are. Ke depan sarana dan prasarana kampus akan terus ditambah,” ucapnya.

Di mata yayasan, Dedek Arimbawa menyebut jika dipusatkan di Gianyar, STMIK Bandung Bali memiliki prospek cerah ke depan. Hadirnya STMIK Bandung Bali mempermudah masyarakat Bali Timur, khususnya Gianyar.  “Jadi tidak perlu jauh-jauh lagi berkuliah di Denpasar. Pengeluaran biaya juga bisa ditekan,” tegasnya. Dedek Arimbawa juga menyambut optimis kerja sama yang terjalin antara STMIK Bandung Bali dan RAMERAME.CO.ID. “Kami membutuhkan dukungan dari banyak pihak, khususnya pelaku industri dengan jejaring yang luas seperti RAMERAME.CO.ID. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gianyar juga sangat kami butuhkan,” ungkapnya.

(rb/ken/mus/JPR)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments